Adilkah ini….

Sebenarnya males banget ngepost kisah lama yang ga bisa ku lupain itu…

Semenjak orang tua ku bercerai, aku, kakak ku dan adik ku ikut bersama mamah ku…
Mamah banting tulang mencari uang dengan berjualan makanan untuk biaya sekolah, makan, dan tempat tinggal kami..
Bapaknya mana? Bapak saat itu sedang puber ke 2, dimabuk cinta sama istri barunya..jadi lupa kalau punya anak….

Waktu berlalu…

Kakak ku pun lulus sekolah smk..kakak ku minta kuliah sama bapak tapi apa jawaban bapak,
“Bapak ga bisa kuliahin kamu, ga ada uang, kamu kerja aja”
Aku pikir ucapan itu hanya buat kakak ku, ternyata setahun kemudian aku lulus smu, bapak juga bilang hal yang sama…
padahal dulu bapak pernah bilang kalau mau kuliahin aku di akper…
Sedih…sudah pasti sedih banget….
Padahal saat itu bapak ku masih bekerja dan kehidupannya pun berkecukupan…

Ku pikir bapak ku bilang seperti itu cuma ke aku dan kakak ku saja, karena mungkin kami perempuan..tapi ternyata ketika adik ku yang laki2 lulus sekolah hal serupa juga di ucapkan oleh bapak ku ke adik ku…

Ya sudahlah…toh rejeki ga akan ketukar dan alhamdulillah kami pun bekerja di kantor dengan jabatan yang sama dengan yang memiliki ijasah D3 bahkan S1…

Dan setelah belasan tahun kisah itu berlalu, tadi hati ku kembali sakit, sedih, sebel….

Sore tadi aku telepon bapak, karena aku dapat bonus telepon sebesar 30 ribu, sayang kalau ga di pakai, karena hanya sampai jam 6 sore aja, setelah itu hangus…

Sekitar jam 17.30 wita aku telepon bapak…
Biasalah tanya kabar, gimana bapak sehat..bla bla bla…
Entah kenapa tiba2 aku tuh pengen aja tanyain kabar adik tiri ku, vira namanya..
” gimana kabar vira pak? Kerja kah dia sekarang”

Lalu bapak menjawab ” fira kuliah di ciputat sekarang, karena jauh naik bis jadi dia naik motor”

Jleeb..langsung males aku dengarnya…
Dulu aku, kakak ku, dan adik ku minta kuliah tapi bapak malah nyuruh kerja aja, padahal saat itu bapak masih bekerja, sekarang bapak sudah tidak bekerja dan penghasilannya hanya dari baikin2 listrik orang (katanya sih gitu, ga tau bener atau ga), tapi bapak bisa menguliahkan anaknya…
Dibilang iri, cemburu..iyalah pasti…
Aku, kakak ku dan adik ku semenjak lulus sekolah sudah langsung kerja cari uang buat kehidupan kami…
Kami juga dulu kerja naik bis, naik kereta api…tapi ga pernah bapak memikirkan kami….

Yasudahlah…biarkan allah yang membalas semuanya…

Mamah hanya mamah yang perduli, perhatian dan sayang sama kami…
Semoga kami bisa membahagiakan mamah….amiin

11 thoughts on “Adilkah ini….

  1. Iri itu manusiawi, asal jangan jadi dengki aja ya mba. Mungkin, dulu keadaan ekonomi bapak nggak memungkinkan jadi nggak bisa membiayai kuliah mba. Dan mungkin juga karena tuntutan jaman, sekarang lulusan sma masih dirasa kurang mumpuni dibanding S1. Saya juga nggak kuliah, padahal dua kakak tiri saya kuliah. Tapi nggak insyallah nggak iri, karena memang jalan hidup orang berbeda-beda. Semua pasti ada hikmahnya, adil bukan sama rata tapi diperlakukan sesuai keadaannya. Semoga berkenan ya mba. Semangat! Lulusan SMA, bisa!!πŸ˜€

    • Malahan dulu tu ekonomi bapaq lg bagus2nya mba…tp krn saat itu bapaq lg dimabuk cinta sm istri barunya jd ya gtu semua diserahkn ke istrinya itu, masa depan anaknya ga dipikirin…😊

  2. biarlah mbak, aku tahu belum tentu dik tirimu nanti sukses , yg jelas bahagiakan ibumu yg sdh berjuang buat kalian dan bahagialah dg hdpmu sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s